Jumat, 23 November 2012

RESENSI NOVEL MY LULLABY (KETIKA CINTA HARUS MEMILIH)


Identitas Buku
Judul               :  My Lullaby – Ketika Cinta Harus Memilih
Penulis             : Vie
Penerbit           : PT. Niaga Swadaya
Tahun Terbitan: 2006
Dimensi           :19 x 13,5
Halaman          :190
Berat Buku      : 190.00 gram

A.     Sinopsis Novel
Sttt... Aby punya pengagum rahasia! Hari-harinya dibanjiri kiriman puisi-puisi romantis. Belum lagi karangan bunga dan cokelat-cokelat penuh kejutan. Bukannya seneng, Aby malah kebingungan. Sohob-sohibnya yang tahu masalah itupun ikut ribut. Jadilah mereka bikin rencana untuk mengetahui sosok misterius itu. Dari mulai bacain surat cinta lama sampai datang ke paranormal.
Tapi semuanya nihil. Sosok ini benar-benar misterius. Sampai suatu ketika datang juga sosok misterius yang mengaku sebagai pangeran katak ini. Aby ga nyangka kalau itu adalah Are. Cowok ini pinternya ga ketulungan dan pinter abis. Dia sebenernya udah lama cinta sama Aby, tapi baru ngaku saat mau lulus. Aby inginnya langsung nerima Are jadi cowoknya. Tapi sayangnya datang cowok kedua yang akhirnnya membuat dirinya gamang. Cowok ini bernama Wika atau Kak Iwie. Sosok ini adalah heronya ketika dia masih kecil. Pertemuannya kembali dengan wika setelah lama berpisah membuat Aby terus bergelut dengan perasaan hatinya, Are harus segera pergi ke luar negeri untuk melanjutkan sekolah. Nah, siapa ya yang akhirnya dipilih Aby?

B.     Unsur-Unsur Intrinsik Novel
1.     Tema
·         Perjuangan seorang pria untuk mendapatkan cinta seorang wanita.
·         Persahabatan
2.      Tokoh
a.       Aby
b.      Are
c.       Wika
d.      Bunda

3.      Penokohan
a.       Aby = memiliki kepribadian yang tomboy namun memiliki jiwa sosial yang tinggi, supel, ceria, ramah.
b.      Are = sangat romantis, ramah, mandiri, pintar.
c.       Wika (Kak Iwie) = dewasa, penuh pengertian.
d.      Bunda = sangat bijaksana

4.      Alur
Alur maju

5.      Latar
Sekolah, Rumah Aby, Museum Fatahillah, Kota Tua, Cafe Buku.

C.     Keunggulan dan Kelemahan Novel
1.      Keunggulan
Novel ini memiliki keunggulan dari segi karakter tokoh-tokoh di dalamnya. Novel ini juga tidak hanya menceritakan tentang kisah cinta, tapi juga menceritakan tentang kepedulian kepada teman. Cara penulis dalam menyampaikan isi cerita pun sangat menarik. Novel ini juga dibumbui dengan puisi-puisi indah yang membuat pembaca merasa terpesona.
2.      Kelemahan
sayangnya diakhir cerita sedikit menggantung karena tak jelas tokoh utama memilih siapa.

D.     Kesimpulan
Novel ini sangat sesuai untuk para remaja yanng sedang jatuh cinta. Memberi kita pelajaran bahwa hidup akan lebih beararti apabila ada orang yang kita cintai. Cinta bisa serakah. Dalam novel ini kita diajarkan untuk menjadi orang berani jujur mengungkapkan isi hati, agar tidak menyesal seperti yang dialami tokoh utama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar