Minggu, 22 Juni 2014

Review Jurnal

Judul   : Adopsi Penuh Dan Harmonisasi Standar Akuntansi Internasional.
Link     : http://cpanel.petra.ac.id/ejournal/index.php/jiw/article/view/17058/17021
Oleh    : Intan Immanuel, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mandala
  Madiun.
Tahun  : Vol. 33, No 1 (2009).

Banyaknya perusahaan yang melakukan operasi bisnis di luar batas negaranya, menunjukkan arah perkembangan operasi bisnis yang bersifat global.  Hal ini lah yang mendasari adanya standar akuntansi internasional. Intan Immanuel menjelaskan bahwa Standar akuntansi memberikan gambaran yang jelas dan konsisten kepada pemegang saham, membuat laporan perusahaan lebih dapat dimengerti dan dapat diperbandingkan. Standar akuntansi yang dapat diperbandingkan sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan multinasional, juga oleh para pengguna laporan keuangan yang ingin mengevaluasi kinerja perusahaan skala global dan untuk membantu pengambilan keputusan-keputusan yang berhubungan dengan sekuritas.
Dapat diketahui dalam penerapan standar akuntasi internasional terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, seperti yang telah dijelaskan oleh Intan dalam jurnal ini. Permasalahan tersebut antara lain: masalah penerjemahan standar itu sendiri, adanya ketidaksesuaian antara IFRS dengan hokum nasional, serta struktur dan kompleksitas standar internasional.

Karena permasalahn tersebut maka perlu ada yang menjembatani agar standar akuntansi keuangan sejalan dengan IFRS yaitu dengan melakukan harmonisasi bahkan konvergensi terhadap IFRS. Adanya harmonisasi bahkan konvergensi terhadap IFRS maka diharapkan informasi akuntansi memiliki kualitas utama yaitu komparabilitas dan relevansi. Kualitas tersebut sangat diperlukan untuk memudahkan perbandingan laporan keuangan antara negara dan untuk pengambilan keputusan. Hal ini sudah diterangkan oleh Intan Immanuel dengan sangat rinci dan begitu jelas. Intan Immanuel menulis dengan sangat mendetail dan tersusun rapi, sehingga mudah dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar