Minggu, 31 Oktober 2010

Tugas Mahasiswa Baru 2010

Universitas Gunadarma memberikan berbagai jenis layanan via internet bagi seluruh mahasiswa UG. Tentunya dengan tujuan untuk mempermudah segala aktivitas mahasiswa UG.
Berbagai jenis layanan tersebut anatara lain:
1.      BAAK Online
BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan)  online merupakan biro yang menangani  segala sesuatu yang yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar- mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.
Menu layanan yang terdapat dalam BAAK Online meliputi:
a.      Home
Dalam Home menampilkan info terbaru untuk seluruh mahasiswa baru. Selain itu menampilkan kalender akademik, jadwal akademik, news, info pelayanan, sistem online, dan info mahasiswa.
b.      Tentang BAAK
Dalam menu ini menampilkan serta menjelaskan tentang  profil BAAK, Struktur BAAK, serta lokasi BAAK.
c.       FAQ
Merupakan UG Pedia. Membantu mahasiswa mencari berbagai macam informasi.
d.      Situs SAP
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.
e.      Buku Pedoman
Berisikan pedoman yang harus ditaati oleh seluruh mahasiswa dalam menjalankan aktivitas belajar-mengajar.
f.        Situs jurusan
Berbagai macam informasi mengenai jurusan.

Kelebihan dan Kekurangan:
a.       Tentunya membantu mahasiswa dalam melakukan aktivitas belajar-mengajar.
b.      Mempermudah mahasiswa mendapatkan informasi mengenai administrasi serta kemahasiswaan tanpa harus datang ke loket BAAK.

2.      Studentsite
Penggunaan satu account untuk semua kepentingan akses di lingkungan aplikasi Universitas Gunadarma. Memudahkan mahasiswa untuk menggunakan aplikasi yang telah terintegrasi. Didukung oleh aplikasi dan infrastruktur yang handal, aplikasi StudentSite-UG dapat diakses dimana saja secara online. Apabila kita login, kita dapat melihat berbagai jenis menu layanan yang ditampilkan dalam studentsite, yaitu:
a.       Locker
Locker menampilkan BAAK News, kalender akademik, serta menu layanan studentsite. Menu layanan studentsite antara lain:
·         Home
·         www news
·         BAAK News
·         Lecturer message
·         Rangkuman nilai
·         Jadwal kuliah
·         Jadwal ujian
·         Bebas perpustakaan
·         Surat keterangan
·         Info absensi
·         Pendaftaran lomba blog
·         Info seminar
·         Tulisan (UG Portofolio)
·         Tugas (UG Portofolio)
·         Deposit library
·         Wartawarga, dll
b.      E-mail
c.       Kalender
d.      Addressbook
e.       Infolog
f.       File manager
g.      Forum
h.      Bookmarks
i.        Pools
j.        Logout
Kelebihan dan Kekurangan:
·         Memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan informasi
·         Dapat diakses kapanpun dan dimanapun
·         Penggunaan satu account untuk semua kepentingan akses di lingkungan aplikasi Universitas Gunadarma.
·         Didukung oleh aplikasi dan infrastruktur yang handal, aplikasi StudentSite-UG dapat diakses dimana saja secara online.
·         Kekurangannya, semakin banyak yang menggunakan studentsite membuat studentsite sulit untuk diakses.

3.      Virtual class
Virtual Class ini berfungsi sebagai alat bantu dalam pelaksanaan proses belajar mengajar via internet. Mahasiswa dapat mendapatkan materi tanpa harus datang ke kampus.
Kelebihan dan kekurangan:
·         Memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan materi.

4.      UG Wartawarga
Dimana mahasiswa dapat menampilkan tulisan dan karya. Menampilkan menu layanan:
a.       Home
b.      About
c.       Catatan redaksi
d.      Tips dan trik penulisan di wartawarga
Kelebihan dan kekurangan:
·         Membantu mahasiswa yang memiliki hobi menulis untuk menyalurkan bakatnya.
·         Namun pada saat ini wartawarga sulit untuk diakses

5.      E-learning
Pada tanggal 28 Oktober 2010, Universitas Gunadarma memperoleh penghargaan sebagai Juara ke 3  e-Learning 2010 untuk kategori Perguruan Tinggi pada kegiatan Festival e-Pendidikan 2010 yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi & Komunikasi Pendidikan - Kementrian Pendidikan Nasional (PUSTEKKOM – DEPDIKNAS).  Juara 1 untuk penghargaan ini diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta (http://besmart.uny.ac.id) sedangkan juara ke 2 diraih oleh Universitas Gadjah Mada (http://elisa.ugm.ac.id). Peserta eLearning untuk kategori Perguruan Tinggi diikuti oleh 189 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia.
Pada kegiatan Festival e-Pendidikan 2010, penghargaan e-Learning selain diberikan untuk Perguruan Tinggi juga diberikan untuk Sekolah dan Blog Guru. Kegiatan Festival e-Pendidikan 2010 dapat dibaca di http://jardiknas.depdiknas.go.id/e-pendidikan.

Kelebihan dan kekurangan:
·         Mahasiswa dengan mudah mendapatkan materi
·         Dapat diakses dimanapun dan kapanpun

6.      Staffsite
StaffSite adalah homepage resmi staff Universitas Gunadarma. Dimana mahasiswa dapat dengan mudah mengetahui dosen serta staff yang bekerja di Universitas Gunadarma.

7.      Repository
Merupakan publikasi dan kerja ilmiah mahasiswa.

8.      E-journal
E-Journal adalah sebuah website untuk penelitian penerbitan dan karya ilmiah staf akademik dan mahasiswa Universitas Gunadarma. Ini adalah kumpulan jurnal dari berbagai fakultas di Universitas Gunadarma.

9.      Library
Situs ini ditujukan untuk anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya. Layanan-layanan jarak jauh disediakan pada situs ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa Perpustakaan Universitas Gunadarma untuk meningkatkan pengetahuannya.
Perpustakaan UG merupakan unit yang berfungsi memberikan pelayanan informasi kepada mahasiswa, dosen dalam melaksanakan tugas-tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan UG dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Perpustakaan UG untuk program profesional dan sarjana terletak beberapa lokasi kampus yaitu di kampus D - depok , kampus E - kelapa dua,kampus J - Kalimalang, Akademi Kebidanan serta perpustakaan program pasca sarjana terletak di kampus C - kenari . Sedangkan perpustakaan audio visual dan Jurnal Elektronik terdapat di kampus depok. Dan semua cabang perpustakaan universitas gunadarma menggunakan sistem informasi perpustakaan yang terintegrasi satu sama lain.

Link layanan Universitas Gunadarma:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar